Pelatihan dan Pendampingan Media Sosial dalam Mendukung Promosi dan Penjualan Produk UMKM Ukiran Kayu

Penulis

  • I Komang Arya Ganda Wiguna Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • Ketut Ngurah Semadi Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • I Made Dwi Putra Asana Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • Putu Satria Udyana Putra Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • Made Leo Radhitya Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70103/komet.v1i1.8

Kata Kunci:

Analisis Media Sosial ; Optimalisasi Media Sosial untuk UMKM ; Transfer Knowledge Teknologi

Abstrak

Promosi dan Penjualan digital menjadi suatu proses bisnis yang harus dapat diterapkan pada setiap usaha, tidak terkecuali pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Perkembangan UMKM saat ini telah mengantarkan pada UMKM Goes Digital, sehingga adopsi teknologi dan pemanfaatan media promosi dan penjualan digital menjadi kebutuhan. Namun pada realitanya tentunya pemerataan dari pemanfaatan promosi dan penjualan digital disesuaikan dengan kemampuan dari setiap pemilik UMKM. Contohnya pada UMKM Kasari Ukir, Gianyar, bali yang memiliki permasalahan utama yang dihadapi dalam upaya mereka untuk bisa aktif di media sosial untuk menjalankan strategi promosi. Permasalah dalam pemasaran digital yang dialami pada usaha kasari ukir ini adalah belum mampu memanfaatkan sosial media untuk melakukan promosi serta pemasaran produk ukiran pada usaha kasari ukir. Permasalahn waktu juga menjadi penyebab tidak dilakukannya promosi melaluli media digital dikarenakan kesibukan dari pemilik untuk mengurus keperluan dalam usaha, serta pemilik juga ikut dalam bekerja untuk mengukir kayu maka dari itu waktu yang dimiliki untuk membuat konten di sosial media juga sangat terbatas. Faktor lain juga menyebabkan yaitu karena pemahaman pemanfaatan fitur media sosial instagram dan tiktok yang belum maksimal sehingga ada keterbatasan interaksi untuk menggunakan sosial media untuk melakukan promosi.  Sehingga pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini memfokuskan pada tranfer knowledge terkait pemanfaatan media sosial bagi pengelola UMKM dalam mendukung promosi dan penjualan

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-25