KOMET: Kolaborasi Masyarakat Berbasis Teknologi https://ejournal.pancawidya.or.id/index.php/komet <p>KOMET: Kolaborasi Masyarakat Berbasis Teknologi merupakan jurnal yang mewadahi kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan penerapan teknologi pada berbagai disiplin ilmu. Penerapan teknologi dengan menerapkan tranfer knowledge, difusi IPTEKS dan technology tranfer dalam menyelesaikan permasalahan pada masyarakat pada bidang sains, komputer, social, pendidikan, manajemen, Kesehatan, budaya, bahasa, dan berbagai disiplin ilmu lainnya.</p> <p><strong>Jurnal KOMET: Kolaborasi Masyarakat Berbasis Teknologi</strong> ini memfokuskan pada kegiatan pengabdian masyarakat yang melibatkan penerapan teknologi di berbagai disiplin ilmu. Ruang lingkup jurnal ini meliputi transfer knowledge, difusi IPTEKS (Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni), dan transfer teknologi dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Artikel yang diterima dalam jurnal ini harus menunjukkan aplikasi praktis dari teknologi yang mampu memberikan solusi nyata terhadap permasalahan di masyarakat.</p> en-US gedeiwansudipa@gmail.com (I Gede Iwan Sudipa) subratasandhiyasa@gmail.com (Made Subrata Sandhiyasa) Sat, 04 Oct 2025 00:51:08 +0000 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pelatihan Desain Poster Bagi Kelas VII di SMPN 11 Denpasar https://ejournal.pancawidya.or.id/index.php/komet/article/view/66 <p>Perkembangan teknologi digital telah menuntut generasi muda untuk memiliki keterampilan kreatif yang adaptif, salah satunya melalui desain grafis. Namun, di SMPN 11 Denpasar, khususnya siswa kelas VII, kemampuan desain grafis masih tergolong rendah. Hal ini terlihat dari minimnya pemahaman terhadap prinsip dasar desain, keterbatasan fasilitas, serta rendahnya pemanfaatan perangkat lunak desain yang mudah diakses. Tim pengabdian merancang program pelatihan desain poster berbasis aplikasi <em>Canva</em>, yang dipilih karena aksesibilitas, kemudahan penggunaan, dan kelengkapan fitur yang sesuai dengan kebutuhan siswa SMP. Pelatihan dirancang melalui tiga tahap, yakni persiapan, pelaksanaan, serta penutup dan refleksi. Pada tahap persiapan, dilakukan koordinasi dengan sekolah dan penyusunan modul pembelajaran. Tahap pelaksanaan terdiri dari empat sesi utama: pengenalan prinsip dasar desain grafis, pengenalan aplikasi Canva, latihan membuat poster berbasis template, dan pembuatan poster mandiri. Sesi ini menggabungkan transfer pengetahuan, praktik langsung, dan presentasi hasil karya siswa. Tahap akhir berupa evaluasi, diskusi reflektif, dan pemberian apresiasi. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa mengenai prinsip desain serta keterampilan teknis penggunaan Canva. Sebanyak 100 peserta mengikuti kegiatan dengan antusias, mampu menghasilkan poster yang lebih estetis, komunikatif, dan sesuai dengan prinsip desain. Program ini mendapat apresiasi tinggi dari siswa maupun pihak sekolah karena berhasil meningkatkan kepercayaan diri, kreativitas, serta kesadaran akan pentingnya desain grafis sebagai keterampilan strategis di era digital. Dengan demikian, pelatihan ini tidak hanya menjawab kebutuhan praktis sekolah, tetapi juga menjadi langkah strategis dalam menumbuhkan potensi generasi muda sebagai <em>creativepreneur</em> masa depan.</p> I Nyoman Jayanegara, I Wayan Adi Putra Yasa, Ngakan Putu Darma Yasa, I Made Marthana Yusa, I Nyoman Anom Fajaraditya Setiawan, I Putu Satria Udyana Putra Copyright (c) 2025 I Nyoman Jayanegara, I Wayan Adi Putra Yasa, Ngakan Putu Darma Yasa, I Made Marthana Yusa, I Nyoman Anom Fajaraditya Setiawan, I Putu Satria Udyana Putra https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.pancawidya.or.id/index.php/komet/article/view/66 Sat, 04 Oct 2025 00:00:00 +0000 Implementasi Alat Pengering Gerabah Berbasis Mikrokontroler untuk Meningkatkan Produksi Pengrajin Gerabah Tanah Liat https://ejournal.pancawidya.or.id/index.php/komet/article/view/64 <p>Pembuatan gerabah tradisional di Bali terdiri dari beberapa tahap, seperti memilih tanah liat, membentuk, mengeringkan, dan membakar. Dari semua tahapan tersebut, pengeringan sangat penting karena berpengaruh besar terhadap kualitas dan ketahanan gerabah. Sayangnya, proses ini masih sangat bergantung pada cuaca. Saat musim hujan atau cuaca mendung, pengeringan menjadi lambat dan sering membuat gerabah retak atau pecah sebelum dibakar. Untuk mengatasi masalah ini, tim pengabdi melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan membuat alat pengering gerabah yang menggunakan mikrokontroler. Alat ini dapat mengatur suhu dan aliran udara secara otomatis, sehingga pengeringan menjadi lebih cepat, merata, dan tidak tergantung pada sinar matahari. Dari hasil implementasi pada mitra, alat ini mampu mengeringkan 12 buah gerabah basah hanya dalam waktu 8 jam. Selain itu, alat ini juga hemat listrik, yaitu hanya menggunakan 2,22 kWh atau sekitar Rp 3.206,23 per penggunaan. Dengan adanya alat ini, proses produksi menjadi lebih efisien dan kualitas gerabah tetap terjaga. Pengrajin juga lebih mudah memenuhi pesanan, terutama saat cuaca tidak mendukung. Inovasi ini sangat membantu pengrajin dalam menjaga kelangsungan usahanya dan meningkatkan hasil produksi gerabah tradisional.</p> I Gede Adnyana, I Wayan Sudiarsa, I Gede Andika, I Kadek Dwi Gandika Supartha, Kadek Suryati, I Putu Yoga Socatama Copyright (c) 2025 I Gede Adnyana, I Wayan Sudiarsa, I Gede Andika, I Kadek Dwi Gandika Supartha, Kadek Suryati, I Putu Yoga Socatama https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.pancawidya.or.id/index.php/komet/article/view/64 Sun, 05 Oct 2025 00:00:00 +0000 Pemberdayaan Pendidikan Inklusif: Peningkatan Aksesibilitas Pembelajaran bagi Siswa Tunarungu Melalui Media Berbasis ASR dan Animasi Bahasa Isyarat https://ejournal.pancawidya.or.id/index.php/komet/article/view/65 <div>Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SLB Negeri 1 Gianyar dengan tujuan meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pembelajaran bagi siswa tunarungu melalui penerapan media pembelajaran berbasis <em>Automated Speech Recognition</em> (ASR) dan animasi bahasa isyarat. Media ini mampu mentranskripsi suara guru menjadi teks secara real-time dan menampilkannya bersamaan dengan animasi bahasa isyarat yang sesuai, sehingga dapat mengatasi hambatan komunikasi yang selama ini menjadi kendala utama dalam proses belajar mengajar. Program melibatkan guru dan siswa secara aktif mulai dari tahap persiapan, pelatihan, hingga implementasi media di kelas. Metode pelaksanaan mencakup lima tahap utama, yaitu koordinasi awal dan identifikasi kebutuhan, penyesuaian media pembelajaran dengan kurikulum sekolah, pelatihan guru dalam pengoperasian media, implementasi langsung di kelas, serta evaluasi efektivitas penggunaan media. Evaluasi dilakukan melalui <em>pretest</em> dan <em>posttest</em> untuk mengukur peningkatan pemahaman siswa, observasi keterlibatan siswa, dan pengumpulan umpan balik dari guru. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman materi oleh siswa tunarungu serta meningkatnya partisipasi mereka selama proses pembelajaran. Guru menyatakan bahwa media ini mudah digunakan, efektif, dan relevan dengan kebutuhan pembelajaran inklusif. Program ini memberikan dampak positif bagi siswa tunarungu dan guru, sekaligus membuka peluang replikasi di sekolah luar biasa lainnya. Dengan rencana keberlanjutan melalui integrasi media ke dalam rencana pembelajaran sekolah, kegiatan ini diharapkan menjadi kontribusi nyata dalam penguatan pendidikan inklusif berbasis teknologi di Indonesia.</div> Komang Kurniawan Widiartha, Gede Dana Pramitha Copyright (c) 2025 Komang Kurniawan Widiartha, Gede Dana Pramitha https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.pancawidya.or.id/index.php/komet/article/view/65 Sun, 05 Oct 2025 00:00:00 +0000 Penyusunan Handout dan Video Materi Bahasa Inggris di SD Negeri 7 Peguyangan https://ejournal.pancawidya.or.id/index.php/komet/article/view/71 <p>Pembelajaran bahasa Inggris di Sekolah Dasar Negeri 7 Peguyangan selaku mitra kegiatan pengabdian ini masih bersifat konvensional dengan materi yang kurang atraktif dan <em>update</em>. Hal ini berdampak pada rendahnya antusiasme siswa kelas III dalam mengikuti pembelajaran, terutama pada materi yang bersifat konseptual seperti “Energy and The Changing.” Materi ini membahas jenis-jenis energi yang ada di alam serta bagaimana energi tersebut dapat diubah menjadi energi listrik. Untuk mengatasi permasalahan mitra ini, tim pengabdian kampus INSTIKI berfokus pada pengembangan media pembelajaran pendukung berupa handout atraktif yang dilengkapi ilustrasi menarik serta video edukatif yang sesuai dengan kebutuhan siswa sekolah dasar. Proses pelaksanaan diawali dengan observasi kegiatan pembelajaran hingga penyusunan handout dan video, serta uji coba penerapan media tersebut di kelas. Sebelum implementasi, dilakukan penyebaran pre-test dan kuesioner untuk mengukur pemahaman awal dan tingkat ketertarikan siswa terhadap materi bahasa Inggris. Setelah media diterapkan, evaluasi dilakukan melalui post-test dan kuesioner guna mengetahui efektivitas handout dan video dalam meningkatkan pemahaman serta minat belajar siswa. Kegiatan pengabdian ini dapat memberikan alternatif media pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa sekolah dasar dalam mempelajari bahasa Inggris, khususnya pada materi “Energy and The Changing.” Dengan adanya media pembelajaran yang lebih inovatif, diharapkan antusiasme dan pemahaman siswa terhadap bahasa Inggris dapat meningkat secara signifikan.</p> Kadek Yogi Susana, I Gede Adi Sudi Anggara, Gede Eka Putra Pramudita Copyright (c) 2025 Kadek Yogi Susana, I Gede Adi Sudi Anggara, Gede Eka Putra Pramudita https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.pancawidya.or.id/index.php/komet/article/view/71 Sun, 05 Oct 2025 00:00:00 +0000 Pembuatan Company Profile Pada Bumdesa Catu Kwero Sedana Pecatu https://ejournal.pancawidya.or.id/index.php/komet/article/view/72 <p>Pengabdian ini dilakukan untuk menjawab keterbatasan informasi dan promosi pada BUMDesa Catu Kwero Sedana Pecatu, yang berdiri sejak 2017 dengan dua unit usaha utama, yaitu pengelolaan sampah dan perdagangan. Hasil wawancara dengan pengelola menunjukkan bahwa BUMDesa belum memiliki profil perusahaan baik dalam bentuk cetak, elektronik, maupun audio-visual karena keterbatasan sumber daya yang masih terfokus pada operasional harian. Kegiatan pengabdian meliputi sosialisasi, perancangan media, pembuatan, penyerahan, evaluasi, dan pelaporan. Luaran yang dihasilkan berupa dokumen company profile dalam format PDF dan video company profile yang dirancang menggunakan prinsip Desain Komunikasi Visual (DKV). Dokumen memuat struktur organisasi, unit usaha, serta data pendukung dalam bentuk teks, foto, grafik, dan infografis dengan tipografi sederhana serta palet warna biru dan kuning. Video company profile memadukan narasi, tata suara, visualisasi kegiatan, dan storytelling untuk menyampaikan sejarah, visi-misi, serta aktivitas BUMDesa. Media ini juga disiapkan agar kompatibel dengan tampilan mobile-web untuk mendukung promosi digital. Hasil evaluasi melalui diskusi menunjukkan mitra sangat puas dengan kualitas media yang dihasilkan dan berharap kolaborasi berlanjut. Selain itu, mitra mengidentifikasi kebutuhan tambahan berupa media edukasi pengelolaan sampah. Luaran ini diharapkan meningkatkan citra profesional, komunikasi, dan promosi BUMDesa sekaligus memperkuat keberlanjutan usaha melalui kerja sama lebih lanjut dengan berbagai pemangku kepentingan.</p> I Kadek Budi Sandika, Made Suci Ariantini, Ni Luh Ayu Prima Dania, I Kadek Dwi Sutawan, Ni Putu Satya Sephiarini Copyright (c) 2025 I Kadek Budi Sandika, Made Suci Ariantini, Ni Luh Ayu Prima Dania, I Kadek Dwi Sutawan, Ni Putu Satya Sephiarini https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.pancawidya.or.id/index.php/komet/article/view/72 Sun, 05 Oct 2025 00:00:00 +0000 Pelatihan dan Penerapan Sistem Single Sign-On untuk Meningkatkan Efisiensi dan Keamanan Layanan Digital Baliyoni Saguna https://ejournal.pancawidya.or.id/index.php/komet/article/view/73 <p>Mitra Baliyoni Saguna merupakan perusahaan yang mengelola berbagai layanan digital internal untuk mendukung aktivitas operasionalnya. Seiring bertambahnya jumlah aplikasi, perusahaan mengalami kesulitan dalam pengelolaan akses pengguna yang menyebabkan pengguna harus mengingat banyak akun dan kata sandi berbeda untuk tiap sistem. Kondisi ini tidak hanya menurunkan efisiensi kerja, tetapi juga meningkatkan risiko keamanan informasi karena kredensial sering disimpan secara tidak aman atau digunakan secara berulang. Berdasarkan permasalahan tersebut, tim pengabdi dari Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) melaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan kepada mitra dalam penerapan sistem autentikasi terpusat berbasis Single Sign-On (SSO) menggunakan protokol OAuth 2.0. Kegiatan ini dilaksanakan secara langsung di kantor Baliyoni Saguna dan melibatkan tim IT serta staf operasional sebagai peserta pelatihan. Materi yang diberikan mencakup pengenalan konsep dasar SSO, pemahaman alur kerja OAuth 2.0, serta simulasi penggunaan sistem secara langsung melalui antarmuka pengguna dan dashboard admin. Setelah pelatihan, sistem SSO langsung diimplementasikan dan diintegrasikan dengan berbagai aplikasi internal yang digunakan mitra. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sistem SSO berhasil diterapkan secara fungsional dan memberikan dampak positif terhadap efisiensi akses pengguna, keamanan autentikasi, serta pengelolaan hak akses secara terpusat. Peserta pelatihan juga menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman teknis dan kemampuan operasional. Kegiatan ini menjadi solusi nyata terhadap permasalahan autentikasi dan menjadi langkah awal menuju transformasi digital yang berkelanjutan dan terstandarisasi di lingkungan kerja Baliyoni Saguna.</p> I Putu Agus Eka Darma Udayana, Ni Putu Suci Meinarni, Putu Ayu Febyanti, I Putu Utama Arta, I Gusti Ayu Agung Randhika Kerlania Copyright (c) 2025 I Putu Agus Eka Darma Udayana, Ni Putu Suci Meinarni, Putu Ayu Febyanti, I Putu Utama Arta, I Gusti Ayu Agung Randhika Kerlania https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.pancawidya.or.id/index.php/komet/article/view/73 Sun, 05 Oct 2025 00:00:00 +0000