Penyusunan Handout dan Video Materi Bahasa Inggris di SD Negeri 7 Peguyangan
DOI:
https://doi.org/10.70103/komet.v2i2.71Keywords:
Handout, Video, Bahasa Inggris, Energi, Sekolah DasarAbstract
Pembelajaran bahasa Inggris di Sekolah Dasar Negeri 7 Peguyangan selaku mitra kegiatan pengabdian ini masih bersifat konvensional dengan materi yang kurang atraktif dan update. Hal ini berdampak pada rendahnya antusiasme siswa kelas III dalam mengikuti pembelajaran, terutama pada materi yang bersifat konseptual seperti “Energy and The Changing.” Materi ini membahas jenis-jenis energi yang ada di alam serta bagaimana energi tersebut dapat diubah menjadi energi listrik. Untuk mengatasi permasalahan mitra ini, tim pengabdian kampus INSTIKI berfokus pada pengembangan media pembelajaran pendukung berupa handout atraktif yang dilengkapi ilustrasi menarik serta video edukatif yang sesuai dengan kebutuhan siswa sekolah dasar. Proses pelaksanaan diawali dengan observasi kegiatan pembelajaran hingga penyusunan handout dan video, serta uji coba penerapan media tersebut di kelas. Sebelum implementasi, dilakukan penyebaran pre-test dan kuesioner untuk mengukur pemahaman awal dan tingkat ketertarikan siswa terhadap materi bahasa Inggris. Setelah media diterapkan, evaluasi dilakukan melalui post-test dan kuesioner guna mengetahui efektivitas handout dan video dalam meningkatkan pemahaman serta minat belajar siswa. Kegiatan pengabdian ini dapat memberikan alternatif media pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa sekolah dasar dalam mempelajari bahasa Inggris, khususnya pada materi “Energy and The Changing.” Dengan adanya media pembelajaran yang lebih inovatif, diharapkan antusiasme dan pemahaman siswa terhadap bahasa Inggris dapat meningkat secara signifikan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kadek Yogi Susana, I Gede Adi Sudi Anggara, Gede Eka Putra Pramudita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







