Pemberdayaan Pendidikan Inklusif: Peningkatan Aksesibilitas Pembelajaran bagi Siswa Tunarungu Melalui Media Berbasis ASR dan Animasi Bahasa Isyarat
DOI:
https://doi.org/10.70103/komet.v2i2.65Kata Kunci:
Pendidikan Inklusif, Siswa Tunarungu, Automated Speech Recognition (ASR), Bahasa Isyarat, Media PembelajaranAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SLB Negeri 1 Gianyar dengan tujuan meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pembelajaran bagi siswa tunarungu melalui penerapan media pembelajaran berbasis Automated Speech Recognition (ASR) dan animasi bahasa isyarat. Media ini mampu mentranskripsi suara guru menjadi teks secara real-time dan menampilkannya bersamaan dengan animasi bahasa isyarat yang sesuai, sehingga dapat mengatasi hambatan komunikasi yang selama ini menjadi kendala utama dalam proses belajar mengajar. Program melibatkan guru dan siswa secara aktif mulai dari tahap persiapan, pelatihan, hingga implementasi media di kelas. Metode pelaksanaan mencakup lima tahap utama, yaitu koordinasi awal dan identifikasi kebutuhan, penyesuaian media pembelajaran dengan kurikulum sekolah, pelatihan guru dalam pengoperasian media, implementasi langsung di kelas, serta evaluasi efektivitas penggunaan media. Evaluasi dilakukan melalui pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan pemahaman siswa, observasi keterlibatan siswa, dan pengumpulan umpan balik dari guru. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman materi oleh siswa tunarungu serta meningkatnya partisipasi mereka selama proses pembelajaran. Guru menyatakan bahwa media ini mudah digunakan, efektif, dan relevan dengan kebutuhan pembelajaran inklusif. Program ini memberikan dampak positif bagi siswa tunarungu dan guru, sekaligus membuka peluang replikasi di sekolah luar biasa lainnya. Dengan rencana keberlanjutan melalui integrasi media ke dalam rencana pembelajaran sekolah, kegiatan ini diharapkan menjadi kontribusi nyata dalam penguatan pendidikan inklusif berbasis teknologi di Indonesia.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Komang Kurniawan Widiartha, Gede Dana Pramitha

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







