Pelatihan Penggunaan Teknologi Augmented Reality Pengenalan Tulang untuk Meningkatkan Pembelajaran Interaktif pada Sekolah Dasar

Penulis

  • Putu Wirayudi Aditama Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • Ni Wayan Sumartini Saraswati Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • I Gusti Kadek Candra Adi Cahya Pramana Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70103/komet.v1i2.17

Kata Kunci:

Adopsi Teknologi; Augmented Reality dalam Pendidikan; Implementasi AR di Sekolah Dasar; Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran bagi guru dan siswa

Abstrak

Perkembangan teknologi telah memberikan dampak besar pada berbagai bidang, termasuk pendidikan. Teknologi memungkinkan metode dan alat pembelajaran yang lebih efisien, meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu contohnya adalah penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) dalam pendidikan. Namun, tidak semua sekolah dasar dapat mengadopsi AR karena minimnya literasi digital, kenyamanan dengan metode konvensional, dan kurangnya infrastruktur. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini berfokus pada transfer knowledge kepada guru dan siswa kelas 5 SD Negeri 3 Bantas tentang penggunaan teknologi AR sebagai media pembelajaran digital, khususnya mengenai kerangka tulang manusia. Solusi yang diusulkan adalah merancang dan menerapkan teknologi AR untuk mendukung pembelajaran IPA, membuat materi tentang kerangka tulang manusia lebih menarik dan informatif. Selain itu, dilakukan pendampingan bagi guru dan siswa untuk memanfaatkan teknologi AR sebagai media pembelajaran digital, meningkatkan kemampuan mereka dalam menguasai teknologi terkini, serta memperoleh pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam. Penggunaan teknologi AR memberikan pengalaman belajar yang baru dengan visualisasi 3D, sehingga pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menarik.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-07