Pengembangan Virtual Tour 360 Pada Objek Wisata Sangeh
DOI:
https://doi.org/10.70103/komet.v1i2.13Kata Kunci:
Objek Wisata Sangeh Virtual Tour UML System Usability ScaleAbstrak
Objek Wisata Sangeh, terkenal dengan hutan kera alaminya dan keberadaan beberapa pura penting, menawarkan pengalaman unik bagi pengunjung. Namun, terdapat kendala karena pura di kawasan ini tidak boleh dimasuki oleh wisatawan, serta keterbatasan informasi yang tersedia yang dapat mengurangi pengalaman wisata. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Virtual Tour 360° untuk Objek Wisata Sangeh sebagai solusi atas masalah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Unified Modeling Language (UML) untuk merancang dan memodelkan sistem virtual tour. Hasil dari penelitian ini adalah pembuatan sebuah website virtual tour untuk Objek Wisata Sangeh, yang diharapkan dapat memberikan edukasi yang akurat tentang keindahan dan keberagaman budaya Sangeh, serta mempromosikan destinasi wisata ini kepada wisatawan lokal maupun mancanegara. Pengujian System Usability Scale (SUS) menunjukkan bahwa website virtual tour ini mendapatkan skor tinggi dalam penerimaan pengguna dengan nilai akhir 78.375. Skor ini berada dalam kategori "Acceptable" dan masuk dalam kelas B. Kategori dan kelas tersebut biasanya menunjukkan bahwa pengguna menemukan sistem tersebut cukup memuaskan dan dapat digunakan dengan baik dalam konteks yang diujikan.Manfaat dari penelitian ini termasuk sebagai media edukasi, pelestarian budaya, dan pengalaman virtual yang interaktif bagi pengunjung.
