Video Company Profile Sebagai Media Promosi Pratama Widya Pasraman Rare Semesta

Penulis

  • I Gede Adi Sudi Anggara Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • Antonio Henry Setiawan Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • I Gusti Agung Indrawan Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • I Ketut Setiawan Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • Yuri Prima Fittryani Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70103/komet.v1i1.10

Kata Kunci:

Media Promosi, Video, Company Profile, PAUD, Usia Dini

Abstrak

Penelitian ini didasari pada latar belakang terkait banyaknya orang tua di Desa Besakih tidak mengetahui adanya Pratama Widya Pasraman Rare Semesta dan banyak orang tua yang menyatakan Pendidikan TK atau PAUD itu tidak penting. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini berupaya merancang Media Promosi berupa Video Company Profile sebagai solusi. Video Company Profile dipilih karena memberikan informasi yang jelas dan mudah dimengerti serta dapat memperlihatkan gambar visual secara nyata. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data primer wawancara, observasi, dan kuesioner. Teknik pengumpulan data sekunder yaitu, dokumentasi dan kepustakaan. Media ini diharapkan dapat memperkenalkan Pratama Widya Pasraman Rare Semesta kepada masyarakat Bali dan khususnya kepada masyarakat di Desa Besakih serta memberikan kesadaran kepada orang tua bahwa pendidikan usia dini itu penting. Dengan demikian, Pratama Widya Pasraman Rare Semesta dapat dikenal dan orang tua menjadi sadar akan pentingnya pendidikan usia dini. Penulis melakukan beberapa pengujian antara lain pengujian kepada orang tua di Desa Besakih, ahli media dan juga ahli konten. Dari hasil kuesioner yang diberikan kepada orang tua di Desa Besakih sebanyak 70 responden didapatkan hasil positif 98,2% yang dikategorikan dengan “Sangat Baik”, kepada ahli konten mendapatkan hasil 100%, dikategorikan “Sangat Baik” dan yang terakhir kepada ahli media mendapatkan hasil 93,7% dikategorikan “Sangat Baik”.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-25