Pelatihan Media Sosial untuk Pengembangan Bisnis Usaha Keramik Pejaten

Authors

  • Made Dona Wahyu Aristana Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • Ni Putu Eka Kherismawati Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • I Dewa Gede Aristana Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • I Dewa Ayu Sri Murdhani Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • I Gede Sudiantara Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • Putu Yoka Angga Prawira Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70103/komet.v1i1.9

Keywords:

Manajemen Konten Digital, Media Sosial untuk Bisnis, Pelatihan Media Sosial

Abstract

Usaha UMKM Keramik Pejaten, Bali merupakan usaha yang cukup berkembang, namun belum sepenuhnya memanfaatkan media sosial untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan. Berlandaskan permasalahan mitra maka kegiatan pengabdian ini ditujukan untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial. Metode tranfer knowledge diterapkan sebagai langkah pertama adalah pembentukan identitas bisnis yang jelas dengan pemisahan profil media sosial pribadi dan bisnis. Pelatihan tentang manajemen media sosial akan diberikan kepadapengelola usaha untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam membuat konten yang menarik dan menggunakan analitik untuk strategi pemasaran. Penggunaan media sosial instagram dan link tree profil usaha digunakan untuk merespon preferensi pelanggan dengan lebih baik. Selain itu, hasil kegiatan berupa pengembangan konten kreatif bersama dengan targeted advertising diharapkan dapat meningkatkan interaksi dan penjualan. Profil bisnis juga akan dioptimalkan dengan penggunaan Linktree untuk memudahkan akses informasi oleh pelanggan. Langkah-langkah ini bertujuan untuk membangun eksistensi usaha UMKM dalam pengembangan bisnis pada platform online.

Downloads

Published

2024-06-25