Pengembangan Virtual Tour 360 Pada Objek Wisata Sangeh

Authors

  • I Wayan Wira Satya Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • I Made Subrata Sandhiyasa Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • Made Dona Wahyu Aristana Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • I Putu Agus Eka Darma Udayana Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • I Gusti Made Ngurah Desnanjaya Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70103/komet.v1i2.13

Keywords:

Objek Wisata Sangeh , Virtual Tour, System Usability Scale

Abstract

Objek Wisata Sangeh, terkenal dengan hutan kera alaminya dan keberadaan beberapa pura penting, menawarkan pengalaman unik bagi pengunjung. Namun, terdapat kendala karena pura di kawasan ini tidak boleh dimasuki oleh wisatawan, serta keterbatasan informasi yang tersedia yang dapat mengurangi pengalaman wisata. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan Virtual Tour 360° untuk Objek Wisata Sangeh sebagai solusi atas masalah tersebut. Hasil dari kegiatan ini adalah pembuatan sebuah website virtual tour untuk Objek Wisata Sangeh, yang diharapkan dapat memberikan edukasi yang akurat tentang keindahan dan keberagaman budaya Sangeh, serta mempromosikan destinasi wisata ini kepada wisatawan lokal maupun mancanegara. Pengujian System Usability Scale (SUS) menunjukkan bahwa website virtual tour ini mendapatkan skor tinggi dalam penerimaan pengguna dengan nilai akhir 78.375. Skor ini berada dalam kategori "Acceptable" dan masuk dalam kelas B. Kategori dan kelas tersebut biasanya menunjukkan bahwa pengguna menemukan sistem tersebut cukup memuaskan dan dapat digunakan dengan baik dalam konteks yang diujikan.Manfaat dari kegiatan ini termasuk sebagai media edukasi, pelestarian budaya, dan pengalaman virtual yang interaktif bagi pengunjung.

Downloads

Published

2024-08-07