Pendampingan Instagram Marketing dalam Membangun Ketrampilan Pemasaran Digital dan Brand Awareness Produk UMKM di Desa Geluntung

Authors

  • Ni Putu Widantari Suandana Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • Putu Wirayudi Aditama Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • I Made Subrata Sandhiyasa Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • I Kadek Angga Surya Prabhawa Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • Ketut Jaya Atmaja Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • Ida Bagus Gde Sarasvananda Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • Ida Bagus Gede Anandita Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70103/komet.v1i1.11

Keywords:

Brand Awareness, Pelatihan Instagram Marketing, Media Sosial, Pemasaran Digital

Abstract

UMKM di Desa Geluntung, Bali memiliki produk unggulan contohnya produk keripik, meskipun populer secara lokal, menghadapi tantangan dalam memanfaatkan Instagram untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan brand awareness. Keterbatasan pengetahuan digital, manajemen konten yang kurang efektif, pemanfaatan fitur Instagram yang tidak optimal, dan pengukuran performa yang lemah adalah beberapa tantangan utama yang dihadapi. Untuk mengatasi masalah ini, kegiatan pelatihan dan pendampingan dalam pemasaran digital melalui Instagram dilakukan. Metode pelaksanaan meliputi pengaturan profil bisnis, pembuatan konten yang menarik, pemanfaatan fitur-fitur Instagram seperti Stories dan Highlights, serta analisis data melalui Instagram Insights. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan digital, serta peningkatan engagement dan brand awareness produk UMKM.

Downloads

Published

2024-06-25